WASHINGTON — Menurut Adobe Analytics, web analytics tracker yang melacak data penjualan di situs retailer, penjualan online Black Friday tahun ini mencapai rekor baru sebesar $9,12 miliar.
Menurut CNBC, keseluruhan penjualan online pada Black Friday, sehari setelah Thanksgiving pada Jumat keempat November setiap tahun, meningkat 2,3% (YoY) dibandingkan tahun sebelumnya.
Menurut data Adobe, peralatan elektronik menjadi penyumbang utama peningkatan rata-rata penjualan harian sebesar 221% di bulan Oktober.
Di sisi lain, mainan adalah kategori populer lainnya dengan pembeli, naik 285%, sedangkan peralatan olahraga naik 218%.
Beberapa item terpanas tahun ini yang dicari banyak pembeli adalah konsol game, drone, Apple MacBook, produk dan game Dyson seperti Fortnite, Roblox, Bluey, dan Funko Pop! Menurut laporan, Disney Encanto.
Banyak konsumen beralih ke opsi pembayaran fleksibel tahun ini pada Black Friday untuk terus mengatasi kenaikan harga dan inflasi.
Bayar sekarang dan sistem checkout meningkat sebesar 78% selama Black Friday dibandingkan minggu lalu, dan pendapatan “beli sekarang dan bayar” meningkat sebesar 81% dibandingkan periode yang sama.
Selama Black Friday, konsumen memecahkan rekor pesanan ponsel, dengan 48% penjualan online berasal dari smartphone.
Rekor pengeluaran terjadi setelah Hari Belanja Thanksgiving, ketika konsumen membelanjakan $5,29 miliar untuk belanja online, naik 2,9% dari tahun ke tahun.
Menurut Adobe, pembeli biasanya menghabiskan antara $2 miliar dan $3 miliar secara online setiap hari.
Untuk pengecer, angka-angka ini bisa menjadi indikator yang menjanjikan untuk beberapa minggu ke depan.
Prakiraan awal untuk pendapatan liburan diperkirakan akan lemah, karena Target, Macy’s, Nordstrom, dan peritel lain melaporkan penurunan penjualan pada akhir Oktober dan awal November.
Sentimen konsumen juga melemah bulan lalu karena inflasi mendekati level tertinggi 40 tahun.
Adobe melaporkan bahwa Black Friday mungkin telah berakhir, tetapi aktivitas e-commerce akan tetap kuat selama akhir pekan.
Adobe memperkirakan bahwa konsumen menghabiskan $4,52 miliar pada hari Sabtu (27 November 2022) dan $4,99 miliar pada hari Minggu (27 November 2022) menjelang Cyber Monday, hari belanja online terbesar tahun ini. .
Menurut Adobe, tahun ini Cyber Monday diperkirakan akan mendorong pengeluaran konsumen sebesar $11,2 miliar, naik 5,1% dari tahun ke tahun.