Peserta Kartu Prakerja Mencapai 16 Juta Dan Menko Airlangga Mengklaim Sepertiga Sudah Mendapatkan Pekerjaan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlanga Hartarto mencatat program kartu prakerja telah memberikan manfaat kepada lebih dari 16,4 juta peserta di seluruh Indonesia.

Angka tersebut diambil dari waktu peluncurannya di tahun 2020 hingga akhir tahun 2022.

Wanita mendominasi, terhitung 51% dari peserta, dengan 3% sisanya adalah penyandang disabilitas.

Selain itu, program kartu prakerja mampu memberikan insentif kerja dan kepemilikan usaha kecil pada sepertiga penerima manfaat.

Hal itu terungkap saat Airlangga memberikan keynote address virtual pada acara pendukung Sidang ke-61 United Nations Commission on Social Development (UN CSocD-61 PBB).

“Prakerja merupakan eksperimen institusional yang berhasil menginspirasi program dan kementerian lain,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Minggu (12/2). .” / 2023).

Airlangga melanjutkan, “Kami yakin dengan pemanfaatan teknologi digital dalam pelaksanaan program kartu prakerja dapat memberikan kualitas dan kemudahan yang setara dalam melatih seluruh peserta, termasuk perempuan dan penyandang disabilitas.”

Pemerintah juga berupaya mengurangi ketimpangan melalui Program Kartu Prakerja dan memberikan akses yang sama terhadap keterampilan, keterampilan ulang, dan keterampilan ulang.

Menutup sambutannya, Menko Airlangga juga mengimbau seluruh pemangku kepentingan untuk bekerja dan bergotong royong mendorong akses pendidikan yang merata dan optimal untuk semua.

“Pemerintah Indonesia bekerja sama dengan UNESCO Institute for Lifelong Learning dan UN Women menyelenggarakan acara ini untuk membuka diskusi dan berbagi pengalaman dan pembelajaran. Semoga diskusi bermanfaat dan menarik”, Koordinasi kata Menteri Airlangga menyimpulkan.

Dalam pernyataan yang sama, David Achoarena, direktur UNESCO Institute for Lifelong Learning, mengatakan pada acara pembukaan bahwa program Kartu Prakerja telah mendapat pengakuan internasional atas keberhasilannya dalam menggunakan teknologi digital.

Selain menjadi game changer atau pengubah utama dalam upaya peningkatan pembelajaran bagi orang dewasa di luar pendidikan formal.


Posted

in

by

Tags: