Review Novel Bumi Manusia

Kali ini kami Akan membagikan review novel bumi manusia. Salah satu novel terkenal hingga saat ini. Pengarang yang membuat novel ini merupakan seorang sastrawan hebat. Untuk melihat pembahasan lengkap nya, di bawah ini.

Review Singkat Novel Bumi Manusia

Pernah suatu hari di mana banyak orang yang sengaja ditangkap dan dipenjara. Setelah kepergok mempunyai dan membaca novel ini. Terutama para aktivis yang pro menantang orde baru pada saat itu.

Dengan alur cerita yang lengkap. Novel Bumi Manusia berhasil menggambarkan suatu peristiwa serta karakter tokohnya dengan cukup baik dan menarik.

Di tengah-tengah cerita tersebut, pengarang turut menyisipkan berbagai kisah perjuangan hidup masyarakat pribumi. Dalam melawan bangsa asing yang ingin merebut wilayah Indonesia.

Selain itu, novel ini juga menceritakan bagaimana perjuangan seorang wanita muda yang sempat mengalami kekerasan. Namun tetap berusaha berdiri tegak sampai dirinya berhasil mendapatkan penghargaan yang cukup tinggi.

Sinopsis Novel Bumi Manusia

Bumi Manusia adalah sebuah novel fiksi yang mempunyai kategori drama history. Novel ini menceritakan tentang seorang pemuda laki – laki bernama Tirto Adhi Soejo. Di dalam novel tersebut namanya lebih sering dipanggil dengan nama Minke.

Minke mempunyai privilege dari orang tua nya yang membuatnya bisa bersekolah di Hogere Burgerschool (HBS). Sekolah tersebut hanya diperuntukkan bagi anak-anak keturunan dari Eropa, Jepang, dan para elite Pribumi.

Minke terkenal sebagai seorang anak remaja yang menyukai seni sastra dan mempunyai makna yang baik dalam penulisan.

Beberapa karyanya yang kemudian di publikasikan dalam koran Belanda, dengan nama samaran yaitu Max Tolenaar.

Pada mulanya, Minke cukup mengagumi dan menghormati bangsa Eropa sebagai bangsa yang sangat menarik dan terpandang. Sesuatu yang tentunya cukup bertolak belakang dengan keadaan masyarakat Indonesia pada masa itu.

Baca Juga  ALUDI Perkuat Pembiayaan Untuk Usaha Kecil Dan Bekerja Sama Dengan Amvesindo Dan Koperasi Pemuda.

Tapi melalui satu peristiwa tersebut, Minke pada akhirnya menyadari bahwa bangsa Eropa yang di sukai selama ini. Sebenarnya merupakan salah satu penyebab utama yang membuat rakyat Indonesia kesulitan untuk hidup merdeka.

Penutup

Itulah review Novel Bumi Manusia yang kisahnya bisa menjadi sejarah dan menambah wawasan dalam mengambil sebuah keputusan serta perjuangan hidup.