Skenario Ketika WhatsApp, FB Dan Google C Sudah Diblokir

Pemerintah menegaskan melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika bahwa batas akhir pendaftaran Penyelenggara Sistem Elektronik Swasta (PSE) adalah 20 Juli 2022. Artinya, dalam dua hari, Google, Facebook, WhatsApp, dan Netflix akan terancam. yang diblokir. Bagaimana jika itu sudah terjadi?

Tentu saja, jika benar larangan itu terjadi karena mereka tidak terdaftar di PSE, konsekuensinya bisa mengerikan ketika banyak yang mengadopsinya. Pemerintah, dalam hal ini, saya berharap Kominfo bisa bermain dengan indah.

Alphonse Tanujaya, Cybersecurity Specialist di Vaccincom, mengatakan kepada detikINET: “Kami ingin implementasi pertama yang elegan dan bebas dari kekacauan. Ini komunikatif dan terukur. Memberikan kesempatan yang adil dan layak dengan timeline yang jelas dan profesional.” Senin (18 Juli 2022).

“Dan jika tindakan tegas diperlukan, peringatkan Anda dan jika Anda bertahan, Anda masih perlu menerapkan aturan. Beri tahu publik dan buat perkiraan yang diperlukan untuk meminimalkan kerugian atau masalah yang mungkin timbul sehubungan dengan pemadaman layanan PSE. “

Dia menekankan bahwa pemerintah tidak boleh kehilangan aplikasi. “Dapat diterima jika posisi tawar aplikasi terlalu kuat. Pada titik tertentu, negara akan dikalahkan dan kepentingan komersial pembuat aplikasi akan didahulukan. Pada akhirnya, pengguna aplikasi akan menjadi korban.”

Dia mencontohkan belum lama ini OJK, regulator keuangan papan atas, harus “memohon” Google untuk memblokir aplikasi pinjaman bermasalah. Karena OJK harus berdaulat di dunia digital kita sendiri, kita harus bisa melakukannya tanpa bantuan atau izin dari pihak ketiga.

Namun, memang benar bahwa pemblokiran tidak bisa dilakukan secara sembarangan, dan harus dilakukan dengan hati-hati dan tidak sembarangan. Perlu mempertimbangkan dampaknya terhadap masyarakat, seperti layanan alternatif mana yang harus diberikan.

“Misalnya WhatsApp besar dan Anda tidak ingin mendaftar PSE atau mengikuti aturan, maka Kominfo tidak perlu heran dengan memblokir semuanya. Siapkan aplikasi lain yang ingin mengikuti aturan. Misalnya, Anda ada opsi berikut: . Telegram, Signal, Line, dll. Jadi orang tidak menutup telepon dan ada alternatif. Misalnya, Instagram tidak mau mendaftar dan TikTok ada di PSE, “kata Alphonse.